Sunday, August 21, 2016

Semur Daging Sapi Kentang


Semur daging merupakan masakan rebus dari Indonesia yang diolah dalam kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap manis, bawang merahbawang bombay, pala dllKecap manis yang terbuat dari kedelai hitam adalah bahan paling penting dalam proses pembuatan semur karena berfungsi untuk menguatkan cita rasa, namun harus tetap terasa menyatu harmonis dengan bahan-bahan lainnya. Selain berbahan utama daging sapi dan kentang, semur juga berdiri dari bermacam-macam variasi dalam penyajiannya, seperti penambahan tahu, tempe, telur, ikan, dan bahan lain-lain sesuai dengan selera masyarakat di daerah masing-masing. 

Kali ini aku mau share resep semur yang aku buat kemaren. Sempet lama gak masak semur daging dan lupa bahannya -,- Yasudah tinggal cemplung" bahan yang ada aja deh. Tapi tetep uendess ^^ Langsung laris manis.

Bahan-bahan :
1/4 kg daging
2 buah kentang
3 siung bawang putih
1/2 buah bawang bombay
4 siung bawang merah
1 batang serai
1 buah tomat
3 lembar daun jeruk
1 ruas jari jahe
2 lembar daun salam
secukupnya minyak
750 ml air
1 sdt pala
1 sdt merica
1/2 sdt ketumbar
1 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk(royco)
4 sdm kecap

Cara Membuat :

1 Potong kentang dan tomat menjadi beberapa bagian. Iris daging tipis-tipis (biar cepat empuk). Iris tipis bawang putih,bawang merah dan bawang bombay.
2 Goreng kentang selama 10 menit, lalu angkat.
3 Panaskan sedikit minyak, tumis bawang putih, bawang merah dan bawang bombay sampai harum.
4 Masukkan tomat, daun salam, daun jeruk, serai dan jahe sambil diaduk. Masukkan daging.
5 Tuangkan air, masak sampai daging matang. Tambahkan kecap, pala bubuk, lada bubuk, ketumbar bubuk, garam, dan kaldu bubuk. Biarkan hingga bumbu meresap dan daging empuk.

6 Masukkan kentang, aduk-aduk.
7 Angkat lalu sajikan. Enak juga ditambah cabe rawit bila suka pedas.

No comments:

Post a Comment